Catatan Umroh #4 Persiapan

Apa aja sih yang perlu dibawa ketika umroh? Di sini aku coba rekap beberapa hal yang diperlukan berdasarkan pengalaman kemarin.

Ilmu

Karena ini yang utama, perbanyak kajian dan referensi biar tambah paham.

Kalau dari sisi kedetailan, SHU Baitullah ahlinya (mereka jelaskan mendetail sampai manasik umroh aja 2 hari 1 malam, bahkan mereka sediakan fasilitas manasik privat bagi jamaah yg gak bisa datang ketika manasik offline/domisili luar kota). Plus ada praktiknya. Praktik tata cara umroh. Dan jangan lupa praktik pakai ihrom (ini penting lho!)

Kalau dari sisi agama bisa kalian simak kajian kajian ust. Syafiq Riza Basamah, ust. Khaleed Basalamah dll tentang fiqih umroh/manasik umroh.

Dari sisi teknis temen temen bisa lihat channel-nya M Putra Setia. Untuk pengen tahu lokasi lokasi unik lain bisa juga lihat konten kreator lain yg tinggal di sana.

Sandang

Tentu ini hal pasti dong, sarannya cukup bawa seperlunya saja. Biar koper tidak kepenuhan. Karena tentunya pas balik pengen nambah isi koper dengan oleh oleh kan? :D

Nah, salah satu tips yang menarik kemarin adalah kita pakai vacuum compression bag yang bisa bikin ngevakum baju baju biar lebih ringkes, pilihan yg seukuran koper aja 50x70, modelnya nanti pompa manual pakai tangan. Lumayan ngehemat space.

Selain yg inti, hal esensial lain yg juga perlu adalah
- Kaos kaki, karena kalau subuh dingin, yang nggak kuat dingin bisa pake kaos kaki plus slayer/sorban kalau ada. (FYI di sana cuaca dingin pada bulan Oktober-Maret in syaa’a Allaah)
- Topi/sorban, dipakai saat city tour di siang hari yang terik, karena di sana nggak ada awan.
- Untuk perempuan bisa ditambahkan kaos kaki tawaf untuk menghindari kaos kaki yg menipis/berlubang di bagian tumit karena dipakai jalan ketika di dalam masjid.

Kemudian khusus untuk pakaian ketika ibadah umroh, tidak boleh pakai yang wangi-wangi, jadi pastikan kain ihrom tidak dicuci pakai pewangi. (Ini berlaku untuk laki laki dan perempuan)

Perkakas

- Tumbler untuk minum zam zam sehari hari, walaupun sering dapat air mineral metika city tour atau di hotel, eman eman kan yaa kalau udah nyampai sana nggak minum zam zam terus. Hehe.
- Pastikan bawa tas yang ringan dan alas kaki juga yang ringan dan nyaman untuk ke masjid, karena di sana akan lebih sering jalan kaki terlebih di Mekah biasanya letak hotel lebih jauh daripada di Madinah . Bisa sampai 15k step per hari. Makanya penting juga membiasakan diri jalan sebelum umroh.

Bawa plastik sandal. Bisa cukup kresek aja. Karena biasanya sandal dimasukin di kresek lalu dimasukin ke tas aja ketika masuk masjid biar nggak kesusahan nyari di tempat sandal.

Fulus

- Sedia uang riyal. Selain ditukar di Indonesia, bisa juga ditukar di sana.

Atau bisa juga ambil uang melalui ATM. Lokasinya ada di bawah tower zam zam. Pastiin ada logo Visa-nya, kalau GPN nggak bisa. Di supermarket seperti Bin Dawood pun bisa lo pake debit untuk transaksi.

Terkait transaksi dengan pedagang kaki 5, uniknya mereka terima uang rupiah, kodenya pakai kata "Jokowi".
- Gak harus bisa bahasa arab ketika berbelanja di sana, karena biasanya penjual di sana bisa bahasa indonesia. Bahkan bahasa Sunda. >,<

Hygiene Stuff

Biasanya sih sabun, shampoo, handuk dari hotel sudah disediakan, kalau mau ringkes bawa kanebo + tissue basah + sabun kecil (maximal 100ml) buat di pesawat. Yang pasti yang perlu bawa sendiri sikat gigi lah yaa..

Bawa juga alat cukur+pemotong kuku untuk bersih-bersih diri sebelum umroh dan gunting (khusus perempuan) untuk tahallul. Masukin hal tsb di bagasi, jangan di kabin, karena di kabin gak boleh bawa benda tajam.

Jangan lupa hand body, sun screen dan lip care karena di sana kulit gampang kering dan berpotensi besar pecah-pecah.

Obat obatan + Vitamin

Ini jadi barang yang paling dicari biasanya. Karena ada aja biasanya yang batuk, panas, teler dsb. Bawa obat yg biasanya dikonsumsi. Kayu putih, tolak angin, panadol. Lebih baik bawa dari sini karena di sana nggak ada, merk itu. Kalaupun ada, mahal harganya :v

Tambah juga vitamin C/D5000/Imboost biar tetep fit. Yang butuh anget anget bisa bawa wedang jahe AMH (bukan sponsor yaa). Boleh juga berlebih buat bagi bagi ke yg lain jika ada yang butuh. ^^

Kelistrikan

Ini biasanya udah dijelasin biro/travel sih. Jadi karena jenis colokan di sana beda (model 3 input) perlu bawa colokan universal. Nggak harus beli, pinjam teman yang pernah ke luar negeri, karena biasanya jarang kepake di Indonesia, kecuali lagi ke luar negeri.

Bawa juga T atau roll kabel biar bisa banyakan dan nggak rebutan. :v Yang mau bawa Powerbank juga bisa tapi jangan lupa ditaruh di kabin yaa.. kalau di koper disuruh pindahin.

Paket roaming

Bisa beli di masing-masing provider. Yang paling murah aja. Karena pengalaman yang kepake dikit, nggak nyampe 5 Gb. Belinya juga sehari sebelum berangkat aja.

Kalau misalnya di sana kehabisana pun banyak yang jual kartu sim untuk internet. Tapi belum pernah coba.. hehe..

Spidol+ Kertas

Buat tulis titipan temen/saudara kalau ada hehee

Siapin juga proposal doa biar nggak bingung di sana mau doa apa. Kumpulin juga titipan doa dari temen temen kalau bisa sebelum berangkat biar di sana bisa fokus, nggak sosmed-an.

Oke sekian dulu tips terkait hal hal yang perlu disiapkan sebelum keberangkatan. Jika teman teman punya masukan lain silakan bisa tambahkan di komentar yaak.

--

--

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store