2023 Year in Review Recap

Ahmad Arif Faizin
6 min readJan 7, 2024

Halo, welcome back to my year in review. Tak terasa tahun 2023 telah berlalu. Banyak moment yang terlewati dan tak sabar untuk merekapnya di tulisan ini.

Jika kalian penasaran dengan recap sebelumnya, silakan cek di sini.

Okay, tahun 2023 menurutku menjadi tahun yang cukup challenging, baik dari sisi pekerjaan maupun personal. Banyak hal yang menurutku lebih growth dari tahun tahun sebelumnya, terutama di bagian healty.

Running Challenge

Sejak awal 2023, di kantor mulai rame untuk ada challenge lari. Ini jadi improvement sebelumnya yang hanya step challenge, sekarang menjadi running challenge.

Supaya banyak yang tertarik, di challenge bulan pertama terdapat reward smartwatch untuk yang mencapai target > 30 km. Ada dua jenis kategori sebenarnya, lari dan jalan. Karena masih awal, pilih yang walking challenge aja dan berhasil pass dengan modal jalan jalan pagi. Walaupun agak nyesel karena reward-nya lumayan yang lari sebenarnya :D Tapi ndak masalah, bisa dapat Xiaomi Redmi Watch 2 Lite gratis~

Lanjut bulan 2 mulai ikut yang lari dengan modal smartwatch baru. Mulai dari 1 km/hari menggos menggos, 2 km tanpa henti, sampai tembus 5 km di akhir bulan ketika ada event Run With Iman.

Alhamdulillah bisa mencapai 56.7 km dalam sebulan dan jadi Top 10. Jadi pencapaian tersendiri buat aku yang sebelumnya nggak pernah lari. 💫

Lanjut bulan 3. Diamanahi jadi Runner Leader. Jadi mikir gimana caranya supaya pada aktif dan mau lari rutin. Walau di awal awal di posisi paling bawah, alhamdulillah di akhir bulan bisa achieve target 300 km.

Masuk ke Q2 agak selow kendo karena ada puasa dan lebaran. Habis itu Q3 dan Q4 mulai rutin lari lagi dan terbiasa lari jarak jauh. Ikut beberapa virtual running juga dari Beard, Pocari, dan Gamrin (bikin sendiri). Ada juga Long Run bareng anak anak kantor yang bikin lari jauh nggak kerasa. Paling seru sebenarnya di Q3, karena rewardnya going abroad, sayangnya kami hanya di ranking kedua karena sejauh ini, ini yang paling jauh~

Sekilas, inilah rekap tahun ini dengan total 514 km dan 71 jam dengan 143 Activity. What a healty year!

https://www.strava.com/athletes/89440656

Apa efeknya? Awalnya mungkin memang karena dapat reward (achievement motivation). Tapi akhir akhir ini lebih ingin rutin aja olahraga 150 menit per week sesuai anjuran WHO dan dokter kemarin supaya badan tetap bugar (do the right thing). Tentunya dengan cara yang bener (do the thing right). Semoga dengan sehatnya ini bisa jadi wasilah nanti~

Bonus! Kompilasi foto kucing jalanan 2023. 😸

Speaking Experience

Tahun ini juga jadi milestone tersendiri dalam hal speaking. Walaupun tidak banyak, namun hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

https://speakerdeck.com/arifaizin

Berikut di antaranya

  • Multi Screen Jetpack Compose di Dicoding Developer Conference (yang pertama dari dicoding)
  • IKIGAI dalam bikin aplikasi, bikin workshop, dan mini hackathon di IDCamp (pertama kali ke Medan sekalian main ke Danau Toba)
  • MediaPipe di DroidJam (salah satu event prestisius untuk Android di Indonesia)
  • Terkait non teknis (peluang di era digital) di Dicoding Career Fair

Satu hal yang menurutku paling berkesan adalah di event DroidJam. Selain karena materi yang dibawakan fresh dan juga bebarengan sama pembicara keren lainnya, tapi karena lagi di situ nyoba model storytelling dalam deliver presentasi. Puas karena banyak yang appreciate dan bilang kalau presentasinya menarik.

Selain di event besar, salah satu challenge yang dihadapi di tahun ini adalah mengajar sesi softskill di Bangkit, yang artinya dengan Bahasa English. Walaupun memang susah di awal, alhamdulillah bisa dilewati.

Sesi Growth Mindset and The Power of Feedback

Salah satu yang mencengangkan dalam delivery adalah di program Dicoding Bootcamp. Di program baru ini, kita dapat overall rating 5.0. Hal baru yang jarang kita dapat sebelumnya.

Jika ada kalian yang tertarik untuk berkontribusi delivery session dan dapat feedback seperti ini, bisa banget join di sini https://links.bangkit.academy/Join-Instructor2024

Learning Experience

Growth selalu jadi kunci supaya kita tetap bisa mengikuti dengan perkembangan. Contohnya seperti belajar UX lagi untuk bahan presentasi di program GCC x Telkom dan DTS. Selain itu, juga belajar Project Management di Coursera untuk mendukung role sebagai tech lead.

Di sisi Academy, kebanyakan todo di awal tahun adalah terkait update materi kelas. Hal ini karena ada ada peruabahan yang cukup major di beberapa update Android Studio. Sampai sampai aku buat seriesnya di blog buat teman-teman yang penasaran.

  • Update AGP
  • Update Material3
  • Update KTS

Selain itu, salah satu hal yang banyak aku pelajari di tahun ini adalah terkait penerapan Machine Learning di Android. Alhamdulillah bisa sampai bisa bikin kelasnya bareng bareng dan sharing di DroidJam.

Harapannya, kelas ini nanti dapat membantu siswa Bangkit dalam berkolaborasi ketika membuat project capstone. Mengurangi gap ketika berkolaborasi tim MD dengan tim ML dan CC.

Di kelas ini, dijelaskan macam cara untuk implementasi machine learning di Android, mulai dari yang hanya sebatas lewat API (cloud-based), sampai men-deploy model secara lokal di Android (on-device) menggunakan ML Kit yang siap pakai, TensorFlow Lite yang bisa custom, sampai MediaPipe yang terbaru. Nggak hanya itu, juga ada Firebase ML untuk dynamic model dan Generative AI sebagai bonus.

Di sisi lain, hal yang lagi seneng aku ulik adalah terkait data dan automation. Lagi seneng senengnya show data pakai Superset untuk bisa bikin dashboard sendiri. Selain itu juga bikin beberapa Automa untuk mempermudah hidupku dan teman teman Academy. Menarik untuk diulik lebih lanjut! Semoga bisa lebih banyak explore di tahun ini.

Last.

Yaah.. itulah gambaran retrospektif di tahun 2023 kemarin. Tahun yang align dengan Dicoding Happiness Framework.

Dimulai dengan membuat sehat jiwa dan raga. Lalu dimanfaatkan bekal tersebut untuk mencapai visi dan selalu growth mindset untuk terus tumbuh. Sehingga bisa menjalankan amanah untuk menciptakan solusi atau kelas baru yang berguna untuk siswa. Dengan begitu, kita ingin mendapatkan keberkahan dari impact yang kita berikan untuk mentransformasi kehidupan para siswa. Alhasil, itulah kebahagiaan tertinggi kita sebagai manusia~

Nikmatilah perjalananmu semaksimal mungkin.
Hal yang benar benar berarti dalam hidupmu.. akan terungkap seiring perjalanan~

--

--